Connect with us

Berita

Sumur PT Medco Bergemuruh, Warga Panik

Diterbitkan

||

Memontum Bondowoso – Warga Sekitar dekat sumur bor PT Medco Power Indonesia di daerah kawah wurung Kecamatan Ijen Bondowoso Jawa timur dibuat panik lantaran terdengar suara gemuruh dan disertai semburan asap putih mengepul, Minggu (26/4/2020) pagi. Semburan asap terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Sehingga menyebabkan masyarakat setempat panik.

Menurut salah satu perangkat Desa Sempol yang tidak mau disebut namanya, awalnya terdengar suara gemuruh diiringi dengan kepulan asap dan bau gas tak sedap. Setelah diselidiki, diketahui titik suara berasal dari sumur bor PT Medco di daerah Kawah Wurung yang tak jauh dari desa Sempol.

Suara gemuruh dan asap putih juga terlihat jelas oleh warga dusun curah macan desa Kalianyar kecamatan Ijen. Sehingga membuat masyarakat berhamburan keluar rumah dan mengevakuasi diri ke Pos 2 PTPN Kebun Blawan (Posko Checkpoint Covid-19) Kalipait.

Sementara itu, General Manager PT Medco Bondowoso, Wisnu Subroto membenarkan adanya kejadian bahwa memang terjadi semburan asap dan itu merupakan sesuatu yang normal karena sedang dalam proses pengeboran untuk pencarian uap panas bumi.

“Semburan uap itu dalam proses pengeboran sesuatu yang normal terjadi. Memang biasanya kita mitigasi dengan alat pengeboran namanya blow out preventer (BOP), untuk memastikan supaya tidak ada semburan uap yang keluar,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya.

Ia menerangkan kalau asap yang keluar itu bukan kebocoran gas, akan tetapi lebih tepatnya adalah semburan uap.

“Semburan uap itu terjadi tadi pagi sekitar pukul 09.10 menit, sekarang sedang kita atasi, kita juga menganalisa semburannya karena apa dan kita lagi proses menutup semburan tersebut,” ungkapnya.

Pihaknya telah mengambil langkah yang sudah dilakukan, hari ini lagi mereview kejadiannya dan sekarang lagi di monitor karena dikhawatirkan selain semburan uap mungkin ada gas-gas lain yang keluar.

“Setelah kita cek ternyata tidak ada. Jadi yang keluar itu dari semburan uap saja. Indikasi semburan tersebut bukan kejadian diluar normal, jadi memang sesuatu yang biasa terjadi di proses pengeboran panas bumi sebetulnya,” paparnya.

General manager PT Medco itu mengaku, jika tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya orang-orang yang kepentingan saja untuk memperbaiki semburan tersebut di dalam lokasi, yang lainnya sudah ada di luar lapangan.

“Mudah-mudahan sore ini perbaikan sudah bisa selesai,” harapnya.

Mengenai warga yang resah, pihaknya mengatakan mungkin karena ini pertama kali terjadi di daerah Sempol sehingga masyarakat agak kaget.

“Kita upayakan beberapa pendekatan kepada masyarakat lagi, teman-teman kami juga dari eksternal sudah mulai komunikasi dengan masyarakat agar tidak terjadi keresahan,” katanya.

Untuk saat ini pihaknya hanya pemberitahuan saja kepada masyarakat, bahwa kegiatan pengeboran panas bumi tujuannya adalah mencari uap panas bumi bukan gas.

Memang proses pengeboran nya terkadang ada beberapa aktivitas yang terjadi, salah satunya yakni semburan uap karena Ini bagian proses normal pengeboran yang biasa terjadi.

“Jadi tidak perlu panik yang berlebihan, mungkin barangkali kita belum pernah sosialisasi secara detail mengenai semburan uap, barangkali itu yang perlu kita tingkatkan, tapi rasanya sudah pernah, hanya mungkin karena belum kejadian masyarakat jadi panik,” pungkasnya. (dul/yan)

 

Trending