Connect with us

Pendidikan

SMKN 1 Tamanan Bekali Kemampuan Siswa dengan Magang di UPTI Mamin Kemasan Jatim

Diterbitkan

||

BELAJAR DESAIN : Siswa SMKN 1 Tamanan Bondowoso belajar desain kemasan mamin di UPTI Mamin-Kemasan Jatim. (ido)

Memontum Bondowoso – SMKN 1 Tamanan Bondowoso berkomitmen mencetak siswa menjadi wirausaha muda kreatif dan mampu berdaya saing di pasaran pada bidang usaha yang digelutinya. Komitmen ini diwujudkan SMKN 1 Tamanan dengan membekali kemampuan para siswa jurusan Desain Komunikasi Visual magang atau praktek kerja lapangan membuat desain kemasan produk makanan dan minuman (mamin) di Unit Pelaksana Teknis Industri Makanan Minuman dan Kemasan (UPTI Mamin dan Kemasan) Disperindang Jatim di Sidoarjo.

Sumartono, guru SMKN 1 Tamanan mengatakan, kegiatan magang atau pratek kerja lapang para siswa SMKN 1 Tamanan jurusan atau program studi Desain Komunikasi Visual di UPTI Mamin dan Kemasan Jatim, itu berlangsung 5 hari pada 23-27 September 2019. Magang ini merupakan program dari kegiatan belajar siswa dan wajib diikuti siswa SMKN 1 Tamanan.

MESIN DESAIN: Siswa SMKN 1 Tamanan Bondowoso belajar membuat desain kemasan mamin dengan teknologi mesin di UPTI Mamin-Kemasan Jatim. (ido)

MESIN DESAIN: Siswa SMKN 1 Tamanan Bondowoso belajar membuat desain kemasan mamin dengan teknologi mesin di UPTI Mamin-Kemasan Jatim. (ido)

”Tujuannya, memberi pengalaman dan meningkatkan keahlian agar siswa nantinya bisa menjadi wirausaha muda kreatif dan mampu berdaya saing dalam bidang usaha yang digeluti di pasaran,” katanya.

Selama magang di UPTI Mamin dan Kemasan Jatim, menurut Sumartono, para siswa SMKN 1 Tamanan jurusan Desain Komunikasi Visual mendapatkan materi dan trik-trik berwirausaha membuat desain kemasan mamin berkualitas dan menarik. Karena, desain kemasan yang berkualitas dan menarik dapat berperan sebagai bentuk komunikasi konsumen dengan produk.

”Artinya, desain kemasan makanan dan minuman yang berkualitas dan menarik, akan meningkatkan produk,” jelasnya.

Karena itu, Sumartono sangat berharap, siswa SMKN 1 Tamanan tidak menyia-yiakan kesempatan magang di UPTI Mamin dan Kemasan selama lima hari. Mereka harus bisa menggali lebih dalam lagi tentang desain kemasan yang paling tepat untuk produk mamin yang dihasilkan.

”Karena, kami berharap, keahlian lulusan SMKN 1 Tamanan khususnya jurusan Desain Komunikasi Visual mampu berdaya saing di dunia usaha dan kreatif menjadi wirausaha muda di bidang desain kemasan produk makanan dan minuman,” ujarnya.

Selain siswa, magang di UPTI Mamin dan Kemasan Jatim, ini juga diikuti guru Kompetensi Keahlian Desain Visual SMKN 1 Tamanan. Kegiatan magang, ini dilaksanakan SMKN 1 Tamanan bekerjasama dengan Dinas Koperasi Perindustrian dan Peradangan (Diskoperindag) Bondowoso.

”Kami bekerjasama dengan Diskoperindag Bondowoso dalam program magang siswa SMKN 1 Tamanan, dengan maksud agar pemkab juga andil dalam mencetak lulusan SMKN di Bondowoso yang siap serta bisa menjadi wirausaha muda yang kreatif dan kompeten,” tandasnya. (ido/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending