Connect with us

Pemerintahan

APTI Bondowoso Gelar Bimbingan Teknis Pembenihan Tembakau

Diterbitkan

||

APTI Bondowoso Gelar Bimbingan Teknis Tembakau (foto dul Memontum.com)
APTI Bondowoso Gelar Bimbingan Teknis Tembakau (foto dul Memontum.com)

Memontum Bondowoso – Untuk meningkatkan mutu pertanian Tembakau di Kabupaten Bondowoso, Asosiasi Petani Tembakau Indonesia ( APTI) menggandeng Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso Selasa 5 /11/2019 menggelar Bimbingan Tekhnis Pembenihan Tembakau .

Kegiatan yang diikuti oleh para petani dari berbagai daerah di kabupaten Bondowoso bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman bagaimana mendapat bibit tembakau yang unggul.

Menurut Yasid ketua APTI Bondowoso menyampaikan bahwa masih banyak petani tembakau di Bondowoso yang masih menanam bibit tembakau asal-asalan.

” Saya melihat para petani ,kelompok tani masih banyak menanam tembakau yang bibitnya tidak jelas asal usulnya ,padahal menurut regulasi yang dianjur bahwa bibit tembakau yang bisa ditanam hanya Sampek 3 turunan sehingga identitas -identitas tembakau yang bagus tidak jelas oleh karena itu petani perlu diadakan bimbingan pembenihan tembakau,” ujar Yasid.

Ia juga berharap dengan penanaman tembakau dengan pola pembibitan yang bagus karakter tembakau yang bagus bisa muncul.

“Selama ini pengguna tembakau atau pabrikan selaku pengguna tidak mendapatkan speak kwalitas tembakau yang diharapkan, sebenarnya sudah ada speak khusus seperti maesan satu cocok ditanam di lahan persawahan ,dan Maesan dua cocok ditanam dilahan tanah tegalan ,itu sudah diluncurkan oleh kementrian pertanian pada tahun 2012,” pungkasnya.(dul/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending