Connect with us

Berita

Banjir Bandang Terjang Kecamatan Ijen Bondowoso

Diterbitkan

||

Memontum Bondowoso – Hujan deras di hulu kawasan gunung ijen rabu (29/1/2020) siang mengakibatkan banjir bandang bercampur lumpur menerjang pemukiman penduduk di kawasan Desa Sempol Kecamatan Ijen Bondowoso. Banyak warga mengungsi ke rumah tetangga dan saudara yang tidak terdampak banjir.

Menurut sumber BPBD kabupaten Bondowoso, Kukuh, banjir lumpur yang terjadi merupakan kiriman dari Gunung Suket dan Jampit.

“Diperkirakan banjir tersebut dari gunung Suket dan Jampit. Karena beberapa bulan yang lalu terjadi kebakaran yang mengakibatkan gundulnya hutan,” ujar Kukuh kepada memontum.com.

Kukuh menjelaskan, berdasarkan info yang diterima oleh Pusdalops BPBD Kabupaten Bondowoso, di kawasan Gunung Suket dan Jampit, kemarin sempat terjadi hujan yang cukup lebat

“Mungkin karena hujan kemaren, akhirnya hari ini banjir disertai lumpur dan beberapa serpihan kayu ikut terhanyut. Karena di daerah gunung Suket sudah tidak ada pepohonan sama sekali akibat kebakaran beberapa bulan yang lalu,” ungkapnya.

Informasi yang dihimpun memontum.com beberapa masyarakat terdampak banjir diungsikan sementara ke tempat yang lebih aman. Untuk sementara tim dari BPBD Bondowoso melakukan pendataan apakah ada korban jiwa dan kerugian material lainnya. (dul/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending