Pendidikan

Bupati Bondondo Launching Literasi Mengaji untuk Siswa SD dan SMP

Diterbitkan

-

LAUNCHING: Bupati Bondowoso didampingi Kepala Dikbud meresmikan Literasi Mengaji (memontum.com/sam)

Memontum Bondowoso – Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin, menghadiri peresmian Literasi Mengaji yang digagas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bondowoso. Peresmian tersebut dipusatkan di Musholla Salwa, Senin (23/08) tadi.

Kepala Dikbud Bondowoso, Drs Sugiono Eksantoso MM, menjelaskan bahwa program literasi mengaji merupakan perwujudan dari iman dan taqwa. Ini sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati.

Baca juga:

    “Literasi Mengaji merupakan perwujudan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati,” kata Sugiono kepada memontum.com usai peresmian.

    Pelaksanaan mengaji sebelum PBM (Proses Belajar Mengajar) dimulai, lanjutnya, akan dilaksanakan bulan September. Seluruh murid SD dan SMP membaca Al Quran selama 10 menit, sebelum pelajaran dimulai.

    Advertisement

    Ditambahkannya, kegiatan ini tidak mengurangi jam pelajaran. Karena pelaksanaan membaca Al Quran, dijalankan 10 menit sebelum pelajaran di mulai. Baik guru maupun murid masuk jam 06.50.

    Bagi murid TK hingga kelas III SD, tidak memulai membaca Al Quran sebelum belajar, tapi doa-doa pendek. Yang membaca Al Quran, murid kelas IV hingga kelas IX yang didampingi oleh gurunya masing-masing.

    Kyai Salwa, sapaan Bupati Bondowoso mengapresiasi program membaca Al Quran dan doa sebelum pelajaran dimulai. “Ini merupakan terobosan inovatif agar dalam PBM mendapat ma’unah dari Allah SWT. Ini program yang sangat baik. Mengajarkan kepada murid-murid bahwa membaca Al Quran dan doa sebelum bekajar akan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT,” kata Kyai Salwa.

    “Kalau sudah mendapat pertolongan dari Allah SWT, insyaallah ilmu yang didapat akan bermanfaat dan kelak kalau sudah menjadi pejabat atau profesi lain, tidak menyalahgunakan ilmunya membodohi orang lain,” imbuhnya. (sam/ed2)

    Advertisement
    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Trending

    Lewat ke baris perkakas